Rabu, 04 Juli 2018

Apa itu Fisika Instrumentasi? Prospek Kerja dan Gambaran Materi Perkuliahan

Menurut saya, sudah tentu suatu hal yang sangat fundamental bagi seorang calon mahasiswa untuk mempertanyakan seperti apa kiranya gambaran perkuliahan dari jurusan yang diambilnya. Hal ini sangat penting karena untuk apa kita belajar kalau tidak tahu kemana tujuan dari pembelajaran tersebut.

Sempitnya begini, kalau kita belajar Instrumentasi dan berniat mengkuliahinya untuk mengabdi kepada sebuah perusahaan, bidang-bidang pekerjaan seperti apa yang ada pada perusahaan tersebut yang dapat dilimpahkan kepada kita untuk kita kerjakan sebagai lulusan sarjana Instrumentasi.

Memahami pentingnya mempertanyakan gambaran perkuliahan Fisika Instrumentasi pada akhirnya juga membawa kita memahami arti Fisika Instrumentasi. Lebih lanjut membawa kita untuk benar-benar menguasasi materi-materi penting perkuliahan jurusan Fisika Instrumentasi. Bahkan kita mampu membuatkan mapping materinya secara detil dan menyeluruh.

Selain itu, ada beberapa poin penting lagi dalam memaknai makna Fisika Instrumentasi ini.

Selain mengetahui gambaran perkuliahan, sejauh mana pemahaman kita tentang Fisika Instrumentasi ini menunjukkan sejauh mana kita siap bekerja kepada suatu perusahaan. Tentunya saya tidak mau membatasi tujuan saya hanya untuk bekerja kepada perusahaan saja, jika negara membutuhkan atau siapa saja, saya harus sudah siap.

Multimeter sebagai Instrumen untuk mengukur besar arus.
Sebuah lembaga pendidikan juga penting untuk mengetahui arti Fisika Instrumentasi guna merancang materi kuliah yang tepat, mengarahkan peserta didik tepat sasaran dan bahkan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan tertentu yang berpotensi membutuhkan SDM handal di bidang Fisika Instrumentasi.

Jadi, dapat kita simpulkan ada 3 manfaat utama mengetahui arti dari Fisika Instrumentasi ini.
1. Mengetahui gambaran materi perkuliahan
2. Menjadi motivasi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja
3. Membantu lembaga pendidikan terkait dalam merancang materi perkuliahan

Apa itu Fisika Instrumentasi?

Terdapat dua kata yaitu Fisika dan Instrumentasi. Fisika itu ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam. Gejala-gejala tersebut seperti: gaya, tekanan, temperatur, kecepatan, percepatan, densitas (massa jenis), kelembaman udara, intensitas cahaya, arus listrik, dll. Sedangkan instrumentasi adalah suatu perangkat atau lebih yang dipakai untuk mengukur.

Jadi, Fisika Instrumentasi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat pengukuran gejala-gejala alam. Termasuklah didalamnya bagaimana cara merancang, membuat, mengoperasikan, mengkalibrasikan, dan merawat perangkat tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi, data hasil pengukuran dapat disimpan, dilihat langsung di layar tampilan setelah melalui proses manipulasi data, dan dikirimkan ke tempat yang jauh baik secara kabel maupun nirkabel.

Mata Kuliah Penting Fisika Instrumentasi

Mengetahui gambaran Fisika Instrumentasi mendesak kita untuk menguasai beberapa mata kuliah di bawah ini:

1. Elektronika Dasar
2. Sensor
3. Sistem Kontrol
4. Komunikasi Data
5. Mikroprosesor
6. Akuisisi Data
7. Jaringan Komputer

Ranah Industri Lulusan Fisika Instrumentasi

Kalau kita sudah tahu seperti apa Fisika Instrumentasi itu dan juga tahu kegiatan apa saja di suatu industri, maka kita tahulah industri-industri apa saja yang dapat kita bekerja di industri-industri tersebut.

1. Navigasi Udara dan Laut
2. Industri Eksplorasi Minyak dan Gas
3. Industri pengolahan minyak kelapa sawit
4. Penelitian
5. Rumah Sakit
6. Stasiun Cuaca

Universitas yang Menyediakan Jurusan Fisika Instrumentasi

Sudah tentu salah satunya adalah Universitas tempat saya berkuliah yaitu universitas Sumatera Utara. Jika Anda berminat mencari kampus di pulau Jawa, Universitas Padjajaran juga menyediakan jurusan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar