Who am I?

Perkenalkan saya Miftah Habibi, pemilik situs ini. Meskipun latar belakang saya seorang mahasiswa Fisika di Universitas Sumatera Utara, saya cukup mengenal dunia teknologi informasi khusus internet. Dimulai sejak saya SMA kelas 1, saya menjalankan sebuah blog pertama saya modifblogmu.blogspot.com. Dari sinilah saya mengenal dunia blog. Sebuah konsentrasi yang lebih spesifik dalam dunia teknologi informasi.

Teknologi Informasi -> Internet -> Blog

Sempat fakum dari dunia blog karena saya harus fokus menghadapi UN dan SNMPTN. Blog pertama saya pun terbengkalai. Meskipun terbengkalai, pengorbanan saya tidak sia-sia. Saya lulus UN dan lulus SNMPTN jalur ujian tertulis. Bravo!! Ujian SNMPTN saat itu penuh dengan taruhan. Ya, karena saya tidak mengambil program undangan dari sekolah. Entah kenapa saya yakin sekali saya tidak memerlukan itu. Meskipun demikian, bukan berarti saya sepele. Saya memutuskan untuk mengikuti bimbangan belajar (bimbel) di Medan. Menurut testimonial yang saya dapat dari khalayak ramai, SSC adalah yang terbaik. Pantas saja memang paket A –nya mahal. Selain itu saat kita mengikuti bimbel, pelajaran yang diberikan memang berat apalagi ujian-ujian try out-nya. Sengaja pikir saya seperti ini supaya otak kita terbiasa menghapi soal-soal yang susah agar ujian nanti terasa ringan.

Ini bukan hanya sekedar opini. Saya pernah coba bandingkan soal-soal dari SSC dengan soal-soal dari bimbel-bimbel tempat lain. Terasa memang bedanya. Pokoknya buku kumpulan soal-soal ujian yang biasa dijual itu gak ada apa-apanya. Dengan kata lain, soal ujian tahun lalu itu dibandingkan dengan try out SSC seperti perbandingan jarak 1 dengan 6. Bayangkan 6 kali lipat susahnya. Tak heran pada saat ujian saya tidak merasa terbebani dengan soal karena level kesulitan soal sudah saya lewati. Hanya saja untuk soal yang memakan waktu saya tinggalkan begitu saja.

Terima kasih SSC, saya lulus di Fisika USU di ujian saringan pertama.

Memasuki kuliah, dunia seperti terbalik. Ternyata seperti ini dunia kampus itu. Dimana-mana terdapat organisasi yang mengambil pengaruh dalam tatanan kehidupan mahasiswa di kampus. Tidak heran siapa yang kuat dia yang berkuasa berlaku di sana. Setiap jurusan punya organisasinya sendiri. Ada yang ikatan, himpunan hingga organisasi yang mencakup beberapa jurusan dan fakultas. Khusus untuk jurusan saya, sebut saja “IMF”. IMF (Ikatan Mahasiswa Fisika) yang berasaskan kekeluargaan merupakan sebuah organisasi yang mengikat setiap mahasiswa Fisika S1 mulai dari stambuk awal hingga yang terakhir. Setiap mahasiswa baru akan direkrut melalui serangkaian kegiatan. Point penting untuk merekrut adalah merebut hati, jiwa dan sanubari mereka. Mencuci otak adalah hal paling menarik saat perekrutan.


Saya termasuk orang yang berpengaruh katakan saja demikian. Ya, karena saya adalah ketua OSPEK dari jurusan FISIKA yang dilantik IMF secara taktis karena pada saat itu memang waktunya mepet sekali. Saya memang ketua namun bukan berarti anggota saja yang kerja. Untuk cuci otak, saya harus ambil andil. Mana yang berontak, culik, cuci, bilas lalu jemur. Sekarang dia sudah jadi pakaian baru. Lebih dari itu saya hanya bertugas bertanggung jawab dan memastikan semua dalam keadaan yang sewajarnya. Terasa memang kepemimpinan itu saat menjadi ketua panitia.

Saya ingat dulu saat masih jadi mahasiswa baru. Saya mengalami masa-masa perekrutan itu. Satu kata untuk itu “Keren!!!”.

Berawal dari perekrutan itu, manfaat terbesar yang saya dapat adalah persatuan dalam stambuk, dengan kata lain adalah kekompakan. Kawan is everywhere. Berkawan jadi sangat gampang karena kita sebelumnya sudah mengalami banyak hal bersama. Karena kekompakan ini, banyak hal jadi mudah. Ngelab jadi lebih mudah karena teman-teman semua membantu. Kalau gak makan bisa makan tempat teman hehe. Tugas bisa titip sama siapa aja. Titip absen juga tinggal sms. Gak harus sama satu orang, asal punya nomor hp gampang itu. Kalau ada masalah berantam juga, kita kompak untuk sama-sama melawan gak peduli kawan salah atau benar. Kalau posisi kita yang salah, apapun caranya harus kita jadi yang benar. Itulah gunanya semua ini, kemampuan berbicara mengambil andil dalam menjatuhkan lawan meskipun posisi kita yang salah.

Saya dan teman-teman pernah membariskan 3 jurusan sekaligus gak perlu sebut merek di lapangan unit 8. Kalau boleh bilang, yaitu tadi karena kemampuan berbicara. Saya buat dulu mereka merasa bersalah sebesar-besarnya lalu perintahkan sesuatu. Maka jadinya mereka marsitol-tol di lapangan lalu meneriakkan “Fisika The Best!!!”. Mereka lakukan itu meskipun banyak orang yang menonton bahkan dari lantai 2 gedung unit 8.

Betapa memalukan!!

Kembali ke semester 1…

Saya coba untuk kembali ke dunia maya saya. Entah apa yang terjadi padahal perkembangan blog pertama saya sudah sangat jauh. Kemampuan dan wawasan jauh lebih hebat daripada kelas 1 SMA dulu. Saya kehabisan ide untuk menulis. Virus paling mematikan untuk seorang penulis blog adalah kehabisan topik.

Muncul ide-ide lain untuk membuat blog tentang ini itu tapi semua kandas sebelum ada perkembangan hingga membawa saya pada sebuah ide “Menghasilkan Uang dari Blog”. Saya pikir betul juga bukankah selama ini saya memang ngeblog untuk mencari uang. Lihat modifblogmu.blogspot.com itu! Apa yang bisa dia lakukan? Bertahun-tahun dia tak bisa memberikan uang kepada Anda!

Dulu sih sempat muncul dan sudah take action yaitu blog dengan domain blogbillion.com. Blog ini niat saya akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari internet. Tapi memang belum rezeki, baru satu postingan semua udah berakhir. Jadi, sejak pertama domain itu dibeli hingga expire, tu blog cuma ada satu postingan. Setelah itu kisahnya berakhir…

Masuk semester 2…..

Datanglah sebuah ide situs baru, niche blog. Ide situs ini berawal saat saya membaca blog kang Rohman “Blogodolar”. Terima kasih atas situs Anda yang kalau bisa dihargai akan saya hargai milyaran rupiah, Mas. Maka muncullah http://www.mywashingmachinereviews.com. Situs ini benar-benar membutuhkan keseriusan tampaknya. Ya karena modal untuk membangun situs ini ratusan ribu. Dibandingkan dengan uang jajan saya, kebutuhan modal untuk situs ini membuat ekonomi saya tercekik. Soalnya saya harus memesan artikel berbahasa Inggris di iwriter.com menggunakan dolar cuy, otomatis modal keluar. Belum lagi saya harus verifikasi paypal, beli domain dan biaya koneksi. Mending rupiah, kalau dolar cemana? Udah nilai tukar rupiah ke dolar lemah lagi. Badanpun jadi kurus. Jelas terasa pada waktu itu bahwa modal untuk situs ini besar karena biasanya kan gak mengeluarkan apa-apa untuk ngeblog paling cuma koneksi.

Enam bulan berlalu dengan berbagai pengorbanan. Hasilnya nol besar.

Benar-benar dapat nilai E untuk 22 SKS nih. Pengerjaan situs mesin cuci itu memakan perhatian sampai-sampai kuliah terbengkalai. Tapi banyak pelajaran yang bisa diambil.

1. Penulis yang saya sewa di iwriter tidak kompeten dalam menulis topik yang saya ajukan. Hal ini karena yang saya sewa masih pemula. Maklum dolar saya di paypal sedikit jadi sewa yang murah saja. Kalau mau dapat yang bagus modal harus cukup dan memadai.

2. Situs tidak tampil di pencarian sama sekali. Aneh memang. Mungkin ini karena saya melakukan teknik backlink yang salah. Setelah saya pelajari memang teknik backlink saya salah total. Mulai dari kecepatan menanam backlink hingga persentase dofollow nofollow bersalahan semua. Lebih parah lagi saya baru sadar bahwa besar sekali persaingan untuk kata kunci washing machine reviews. Gilak kali lah. Tapi dari sini saya mendapat pelajaran begitu besarnya.

3. Hosting masih gratisan. Mungkin salah satu penyebab situs saya tak terlihat bagus adalah masih menggunakan platform gratisan. Memang keahlian saya dalam merubah blog gratisan menjadi terlihat seperti hosting berbayar terbilang expert, tapi tetap saja url gak bisa dibohongi.

Seketika keadaan makin parah, saya berhenti karena modal habis. Saya benar-benar belajar bagaimana memperkirakan besarnya modal disini. Belum lagi saya harus menaklukkan pesaing dengan modal besar. Setahun berlalu dengan tanpa update artikel dan backlink. Domain pun ikut expire tanpa dibayar lagi untuk tahun berikutnya. Masa-masa perjalanan www.mywashingmachinereviews.com akhirnya tamat..

Semester 6 pun datang…

Kegagalan di situs niche “washing machine reviews” memberikan pukulan telak bagi saya. Setahun setengah lebih ternyata waktu yang diperlukan untuk kembali memulihkan mental dan tenaga. Entah apa yang datang pada saat itu saya searching di google lalu kembali terinspirasi ke blog. Ternyata oh ternyata, google adsense udah support ke blog bahasa Indonesia. Merasa paling bodoh lah saya pada waktu itu karena setelah gagal situs wosingmesinrivius saya langsung tutup buku. Kan bisa manuver ke adsense. Sekarang udah 2015, sudah susah untuk diterima adsense.

Tapi gak peduli saya tancap gas aja. Saya gak mau dengarkan kata-kata orang bahwa sudah susah sekarang diterima adsense. Saya cari tips diterima adsense lalu terapkan. Maka muncullah sebuah blog saya lagi tubuhtambahtinggi.blogspot.com. Topik ini begitu perfect karena kebetulan saya masih punya ambisi agar badan saya tambah tinggi. Maka blog ini berisi artikel tentang bagaimana cara meninggikan badan. Strategi mencari konten benar-benar mesin pembunuh untuk pesaing-pesaing blog berbahasa Indonesia lainnya. Karena pada dasarnya blog lain hanya memberikan informasi tak jelas sumbernya tentang cara meninggikan badan. Kalau di blog saya, info lengkap cuy. Useful sekali lah untuk orang-orang yang serius ingin menambah badan.

Dengan semua pelajaran yang sudah saya pahami, akhirnya blog ini berhasil muncul ke halaman pertama google posisi dua dari atas. Horeee!! Teknik backlink yang saya pelajari berhasil. Senang kali lah kala itu.

Setelah blog rampung beserta posisinya di google, step terakhir adalah mendaftarkan ke adsense. Betapa riangnya hati ini pasti akan diterima dengan situs yang udah ada di halaman pertama google ini.

Gedebag gedebug.. Kutumbukin dinding sampai pecah sendi jari-jariku.

Ntah apa lagi mau adsense ini. Masak blog keren awak ini ditolak google. Konten berkualitas, jumlah artikel memadai, posisi di google bagus, kepemilikan jelas, umur blog udah cukup, apalagi coba?

Putus asa akhirnya aku pasang script adf.ly supaya blog bisa menghasilkan sesuatu meskipun secuil. Lahh, malah kena banned google. Badan sontak lemass..

Ntah apa yang menjadi penyebab blog dibanned google tiba-tiba menghilang begitu saja. Apa karena adf.ly itu atau karena rahasia konten saya, ya, konten saya kan hasil translate dan modifikasi bahasa dari situs luar negeri. Makanya kontennya berkualitas. Antahlahh tapi kali ini bukan wajah saya yang dipukul tapi nafas saya yang direnggut.

Cahaya putih datang di semester 7…

Kesimpulan kembali kuambil. Kalau saja blog tubuhtambahtinggi-ku itu berbahasa Inggris dan dapat menjual barang, dimonetisasi pakai amazon kan bisa. Soalnya daftar amazon itu gampang.
1. Adsense:
 - Kelebihan: Bisa bahasa Indonesia
 - Kekurangan: Blog belum tentu diterima
2. Amazon:
 - Kelebihan: Blog gampang diterima
 - Kekurangan: Harus bahasa Inggris

Kesimpulan:

Jika dimonetisasi dengan amazon potensinya lebih besar dengan adsense. Cara membuat situs berada di halaman pertama google juga sudah tahu. Yang akan menjadi tantangan adalah konten. Kita harus membuat konten berkualitas DENGAN bahasa Inggris. Belum lagi menyewa hosting adalah hal yang baru. Kali ini kita tidak boleh pakai yang gratisan. Untuk itu kita membutuhkan modal yang cukup besar untuk benar-benar mendapatkan artikel bahasa Inggris yang berkualitas. Jika dihitung, proyek kali berkisar 3,5 jutaan.

Jumlah ini termasuk besar bagi saya. Ya uang jajan saya mana pernah segini. Hanya dengan memutar otaklah 3,5 juta ini baru dapat. Akhirnya saya mengajukan surat perjanjian kerjasama investasi kepada Tulang saya (anak kakek laki-laki yang pertama). Disetujui dan uang pun cair. Bersama uang tabungan saya dan uang tulang saya, akhirnya jumlah ini terpenuhi.

Hingga terbitlah sebuah situs FireproofGunSafe dengan link http://fireproofgunsafe.us yang membahas tentang ulasan brankas penyimpanan senjata beserta panduan dan tips-tips nya.

Yang menarik disini adalah pembuatan konten yang penuh dengan tantangan. Meskipun pengalaman udah banyak, ternyata trial error masih terjadi juga. Tapi tenang semua itu sudah diperkirakan termasuk efeknya ke modal.

Mencari penulis konten untuk situs tidaklah semudah membalikkan tangan. Kita perlu kualitas konten yang standard untuk situs kita agar mendapatkan kesan situs yang berkualitas. Saya menggunakan fiverr.com untuk mencari penulis situs saya. Setelah berpindah-pindah dari sana kemari akhirnya saya menemukan penulis idola saya.

Situs ini masih dalam tahap perkembangan. Jadi sabar menunggu kabar selanjutnya.

Itulah beberapa sejarah penting tentang saya dan blog-blog saya. Jatuh bangun itu mah udah biasa. Yang penting jangan menyerah.

Jadi, di blog ini saya akan bercerita tentang blogging, ilmu pengetahuan, internet, teknologi, fisika, dan kalau saya sudah berhasil akan saya share tentang cara menghasilkan uang dari internet.

Tetap semangat!!!

1 komentar: